National Center for Biotechnology Information (NCBI)

Perkembangan bioteknologi di berbagai bidang belakangan ini terjadi dengan sangat pesat, sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dimuka bumi. Hal ini dapat dipahami mengingat bioteknologi menjanjikan suatu revolusi pada hampir semua aspek kehidupan manusia, mulai dari bidang pertanian, peternakan dan perikanan hingga kesehatan dan pengobatan. Salah satunya adalah pusat bioteknologi informasi yang mendunia yaitu NCBI

National Centre for Biotechnology Information adalah bagian dari Amerika serikat Nasional Library of Medicine (NLM), sebuah cabang national institutes of health. Para NCBI terletak di Bethesda, Maryland dan di dirikan pada tahun 1988 melalui legislasi di sponsori oleh Senator Claude Peper.

NCBI (National Centre for Biotechnology Information) merupakan suatu institut yang konsen sebagai sumber informasi perkembangan biologi molekuler. NCBI membuat database yang dapat di akses oleh publik, merangsang riset biologi terkomputasi, mengembangkan software penganalisis data genome dan menyebarkan informasi biomedical yang kesemuanya di harapkan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang proses- proses molekular yang mempengaruhi manusia dan kesehatanya. Situs akses  NCBI : www.ncbi.nlm.gov. Beberapa menu yang di sediakan oleh NCBI yang populer antara lain BLAST, Pubmed, pubmed central, Gene, Genome, Nucleotide, protein,dan SNP. Sejak tahun 1992, NCBI telah berkembang untuk menyediakan database lain selain Genbank. NCBI menyediakan warisan mendel online di man, database Modeling Molekuler (struktur prutein 3D), SNP database polimerfisme nukleotida tunggal, koleksi Gene urutan unik manisia, Peta gene dari genom manusia, browser taksonomi, dan, koordinat dengan National Center Institut.

NCBI juga merupakan salah satu bank data gen, protein dan literature khususnya dibidang kesehatan yang terlengkap dan diacu oleh para peneliti di dunia.  NCBI dibuat pada tahun 1988 sebagai bagian dari Perpustakaan Nasional Kedokteran di NIH untuk:

  • Menciptakan sistem otomatis untuk pengetahuan tentang biologi molekuler, biokimia, dan genetika.
  • Melakukan penelitian dengan metode canggih dengan menganalisis dan menafsirkan data biologi molekuler.
  • Memungkinkan para peneliti bioteknologi dan tenaga pelayanan medis untuk menggunakan sistem dan metode yang dikembangkan.
  • Pembangun dan penyedia GenBank, Entrez, Blast, PubMed. Sistem host online yang dikunjungi sekitar 1,8 juta pengguna per hari pada tingkat puncak 3.200 hit web per detik.
  • Pusat untuk penelitian dasar dan pelatihan dalam biologi komputasi.


 

Salah satu tools yang tersedia dalam situs NCBI ini adalah BLAST. BLAST ( Basic Local Alignment Search Tool) merupakan suatu alat pencari yang dapat menyesuaikan dan mencari sekuen yang mirip dengan sekuen meragukan yang kita miliki melalui perbandingan sekuen GenBank DNA database dalam waktu singkat.

Ada 5 program utama dalam BLAST, yaitu:

1  Nukleotide blast (blastn):  membandingkan suatu sekuen nukleotide yang kita miliki dengan database sekuen nukleotide.

2.   Protein blast (blastp): membandingkan asam amino yang kita miliki dengan database sekuen protein

3  Blastxmembandingkan produk translasi konsep 6-frame sebuah konsekuen nukleotide yang kita miliki dengan sekuen protein.

4.   Tblastn:  membandingkan suatu sekuen nukleotide yang kita miliki dengan database sekuen nukleotide secara dinamis.

5.   Tblastx: membandingkan suatu translasi konsep 6 frame dari nukleotide.

Bioteknologi memberikan harapan bagi kesejahteraan umat manusia, mulai dari proses–proses bio yang paling sederhana sampai kepada tingkat yang paling canggih. Karenanya, manusia ditantang untuk memanfaatkan peluang–peluang itu demi kesejahteraannya. Tetapi, bagaimanapun canggihnya teknologi, mungkin dapat memunculkan dampak dalam penerapannya. Maka dengan mengacu pada pengalaman–pengalaman penerapan teknologi pendahulunya, dapatlah digunakan bioteknologi ini secara proporsional dengan memasukkan norma–norma etik secara moral. penerapan aturan resmi pemerintah dalam pelaksanaan dan penerapan bioteknologi juga diperlukan, sehingga ada mekanisme pengawasan yang intensif terhadap bahaya potensial yang mungkin timbul akibat kemajuan bioteknologi. 

0 komentar:

Posting Komentar